Berita Otomotif Terbaru

All New BMW X4, Gak Sabaran

0 382

MUNICH – BMW sepertinya tak ingin menunggu lama untuk menyegerakan All New BMW X4 tampil di depan publik. Dikemas dengan berbagai pembaruan yang sangat signifikan di kelasnya.

Sepertinya BMW cukup puas dengan generasi pertama yang membukukan penjualan 200.000 unit semenjak diperkenalkan tahun 2014.  Tampilan terbaru X4 ini cukup menggoda berbanding dengan keluarga BMW X lainnya.

“Generasi kedua BMW X4 ini menyatukan siluet dinamis yang khas dengan bentuk yang sangat pantas,” ujar Adrian van Hooydonk, Senior Vice President BMW Group Design.

Secara detail BMW menjabarkan ubahan pada X4 generasi kedua ini. Mulai dari panjang bertambah 81 mm menjadi 4.752 mm, jarak sumbu roda bertambah 54 mm yang kini menjadi 2864 mm serta kian lebar 37 mm menjadi 1.918 mm. Tingginya saja yang terpangkas 3 mm menjadi 1.621 mm.

Optimalisasi pada desain dan rancang bangun BMW X4 terbaru ini diklaim mampu memangkas bobot hingga 50 kg. Selain itu membelah angin juga makin mantap, karena hambatan angin alias drag coefficient (Cd) hanya 0,30, lebih baik 10% berbanding sebelumnya.

Sorotan lampu ke depan mengandalkan teknologi LED, begitu juga dengan lampu belakang memakai LED. X4 terlihat gagah dengan knalpot ganda sebagai ciri khas menunjukkan kekuatan.

Adapun mesin pilihan diesel ada dua pilihan dan mesin bensin juga dua pilihan. Kesemuanya sama-sama berkapasitas 2.000 cc dengan instalasi empat silinder segaris. Tak ketinggalan BMW TwinPower Turbo menjanjikan kekuatan tenaga dengan efisiensi bahan bakar terbaik dan rendah emisi.

Bagi yang ingin kekuatan lebih dari X4 ada mesin enam silinder, satu pilihan diesel dan bensin. Seluruh model memakai transmisi yang sama yakni 8-speed Steptronic dan BMW xDrive intelligent all-wheel drive. Selain tuas transmisi di bagian konsol tengah, ada juga paddle shift di balik kemudi bagi yang ingin lebih serius mengerahkan performa mesin.

BMW M Performance serta BMW X4 xDrive30i, BMW X4 xDrive30d dan BMW X4 xDrive25d yang khusus mendapatkan transmisi otomatis 8-speed Steptronic Sport dengan perpindahan gigi cepat andalkan Launch Control.

Adapun jajaran mobil kencangnya antara lain BMW X4 M40i, BMW X4 M40d, BMW X4 xDrive30i dan BMW X4 xDrive30d ada tambahan mode SPORT+. [KC]