Berita Otomotif Terbaru

All-new Suzuki Karimun 2019 Lebih Mentereng

0 3.888

NEW DELHI — All-new Suzuki Wagon R 2019 (Suzuki Karimun Wagon R 2019 di Indonesia) diluncurkan di India. Masih dengan desain eksterior kotak namun kini all-new Suzuki Karimun 2019 lebih dinamis dan atletis.

Penyegaran penampilan eksterior terlihat di bagian lampu utama (headlight), grille, bumper, lekukan-lekukan di samping, serta lampu kombinasi belakang vertikal seperti Volvo dan Ertiga.

Model baru menggunakan platform HEARTECT generasi kelima yang memberikan tingkat kenyamanan, ride & handling lebih baik dari generasi sebelumnya. Selain itu Maruti Suzuki memanfaatkan baja sekitar 40% dari tubuh Karimun guna menyajikan tingkat rigiditas, keselatan dan NVH (noise, vibration, and harshness) lebih baik.

Maruti Suzuki tetap mempertahankan mesin 1.0-liter (bertenaga 67 hp dan bertorsi 90 Nm) yang terkenal irit BBM (bahan bakar minyak). Sebagai tambahan adalah jantung mekanis 1.2-liter (bertenaga 82 hp dan bertorsi 113 Nm) yang lebih bertenaga.

Mereka mengklaim konsumsi BBM varian 1.0-liter 22,5 km/liter atau lebih irit 10% dari sebelumnya, serta varian 1.2-liter menorehkan 21,5 km/liter.

Fitur-fitur keselamatan yang dibawa oleh Suzuki Karimun 2019 berupa 2 airbag, ABS (antilock braking system) dengan EBD (electronic brake force distribution), pengingat seat belts depan, sistem peringatan kecepatan dan parkir sensor belakang.

Volume bagasi mobil mungil ini mencapai 314 liter ketika sandaran jok belakang tegak hingga 710 liter saat sandaran jok belakang direbahkan. Konfigurasi pelipatan sandaran jok belakang 60:40.

Modernisasi yang tidak kalah pentingnya adalah Infotainment system SmartPlay Studio berupa sebuah layar-sentuh 17.78 yang terkoneksi dengan smarphone, bisa memutar musik, dan lain-lain.

Harga Karimun Wagon R 2019 dari Rs 419.000 (Rp 83,4 juta) – Rs 569.000 (Rp 113,2 juta) di India.

“Kami sangat senang mempersembahkan generasi terbaru dari salah satu model kami yang paling sukses. Selama bertahun-tahun WagonR telah menjadi pilihan lebih dari 2,2 juta keluarga. Kami yakin bahwa WagonR baru dengan desain benar-benar baru, interior yang dibuat secara dinamis dan luas, SmartPlay Studio, teknologi HEARTECT Platform dan Auto Gear Shift (AGS)  akan menjadi pilihan lebih banyak keluarga India,” harap  Kenichi Ayukawa, Managing Director & CEO, Maruti Suzuki India.

WagonR diluncurkan di India pada 1999 dan hingga kini penjualannya telah melampaui 2,2 juta unit. Selama 2 dekade, Wagon R merupakan salah satu mobil terlaris di sana. [Itn]