Berita Otomotif Terbaru

‘Baby NMax’ Yamaha Lexi 125 Diperkenalkan, Calon Kuat Gusur Honda Vario 125

0 497

Jakarta – Pecinta motor matik di Indonesia kembali punya pilihan baru setelah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) hari ini, Senin (15/1/2018) memperkenalkan ke jajaran internal serta dilernya, satu model baru.

Namanya Yamaha Lexi 125 dan banyak orang menyebutnya sebagai ‘Baby NMax’, karena modelnya yang sama-sama gambot tapi dengan kapasitas mesin lebih kecil dari NMax.

Info hadirnya Yamaha Lexi ini didapat setelah beberapa akun di facebook milik karyawan Yamaha mengupload foto-foto proses pengenalan Yamaha Lexi 125 yang berlangsung di hotel Kempinsky Jakarta siang tadi.

Yamaha Lexi
Mesin Blue Core teknologi VVA jadi andalan skutik baru Yamaha Lexi (FB Abidin San)

Dari bentuknya, wajah Lexi 125 memang terlihat hampir sama dengan NMax yang mengandalkan headlamp besar berteknologi LED yang kekinian serta windshield.

Tapi untuk bagian kaki-kaki belakang bila dilihat dari foto yang beredar, nampak Lexi hanya menggunakan single shockbreaker yang sudah dilengkapi subs-tank berkelir emas, sama dengan yang dipakai di Aerox 155 terbaru.

Sementara untuk bocoran fitur pada Lexi 125 ternyata cukup menjanjikan. Pertama, karena mesinnya sudah menggunakan Blue Core dengan teknologi VVA (variable valve actuation) dilengkapi stop start system. Bahkan kabarnya juga bakal tersedia varian dengan smartkey immobilizer.

Untuk layar pemberi informasi sudah menggunakan sistem digital LED sama seperti yang ada di speedometer Aerox 155. Dan yang bikin lebih mantap lagi karena Yamaha juga sudah mulai memikirkan kebutuhan pemilik motor untuk melakukan pengisian baterai handphone dengan hadirnya USB slot charger, kereeeen…

Harga Yamaha Lexi Diprediksi Dibawah Rp20 Juta

Yamaha Lexi
Yamaha Lexi 125 cc dilengkapi dengan sistem smartkey immobilizer dan speedometer digital (FB Abidin San)

Bicara persaingan, hadirnya Lexi sangat bisa dimaklumi. Bagaimanapun pabrikan berlambang ‘Garputala’ ini selalu berusaha head to head dengan rival abadinya, Honda, yang punya Vario 125.

Apalagi melihat catatan penjualan sang kompetitor untuk model tersebut sepanjang tahun 2017 kemarin bisa sampai di angka 600 ribu unit.

Mungkin Yamaha tak mau kalah telak dalam persaingan di kelas ini, sehingga Lexi menjadi pilihan terbaik dalam mematahkan hegemoni Honda Vario 125.

Tinggal sekarang bagaimana strategi harganya saja. Karena yang sudah-sudah kita tau kedua merek ini selalu berusaha sekompetitif mungkin untuk urusan harga jualnya.

Saat ini harga OTR Jabotabek untuk Honda Vario 125 varian tertinggi Rp18,5 juta, artinya Yamaha akan berusaha menjaga agar Lexi bisa tetap kompetitif dengan memberi banderol sama dengan kompetitor, atau paling tidak menjualnya di bawah kisaran Rp20 juta.

Bedanya sekarang, Yamaha Lexi lebih unggul dari banyaknya fitur-fitur yang disematkan dibanding Honda Vario 125.

Tapi itu semua baru sekadar dugaan saja, untuk kabar pastinya kita tunggu saja kapan Yamaha akan benar-benar meluncurkannya secara resmi.