Berita Otomotif Terbaru

Battista Lebih Kencang dari Mobil F1

0 336

MUNICH — Automobili Pininfarina mengumumkan nama kendaraan listrik mewahnya, Battista. Nama itu diambil dari Battista ‘Pinin’ Farina yang merupakan pendiri perusahaan karoseri Carrozzeria Pininfarina yang dimulai pada 1930.

Hypercar listrik ini akan dirancang dan dibuat dengan tangan dalam jumlah yang sangat terbatas di Pininfarina SpA di bawah pengawasan Paulo Pininfarina, cucu Battista cucu dan chairman Pininfarina SpA saat ini.

Battista akan menjadi mobil terkencang dan paling bertenaga yang pernah didesain dan diproduksi di Italia. Tenaga dan torsinya masing-masing 1.900 bhp dan 2.300 Nm.

Mobil listrik ini dipercaya bisa menembus 100 kpj dari keadaan diam dalam waktu kurang dari 2 detik. Jelas ini lebih cepat dibandingkan sebuah mobil F1.

Automobili Pininfarina sendiri menyatakan model pertamanya ini akan memiliki kecepatan maksimal 400 kph dan daya jelajahnya bisa mencapai sekitar 483 kilometer.

Jumlah produksi mobil ini tidak akan lebih dari 150 unit tersedia pada 2020. Amerika Serikat akan mendapat jatah 50 unit, Eropa 50 unit dan kawasan Asia dan Timur Tengah 50 unit.

Harga Battista US$ 2 juta (Rp 29,164) dan US$ 2,5 juta (Rp 36,455 miliar).

“Ini benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan. Kakek saya selalu memiliki visi bahwa suatu hari akan ada mobil-mobil bermerek Pininfarina yang berdiri sendiri. Hypercar ini akan membanggakan dalam performa, inovasi teknologi, dan tentu saja gaya elegan. Bagi saya, kami hanya harus menyebutnya Battista. Mimpinya menjadi kenyataan hari ini ketika kami menghubungkan masa lalu kami yang gemilang dengan masa depan otomotif,” kata Paulo.

Automobili Pininfarina merupakan brand terbaru di dunia otomotif, diumumkan di Roma pada April 2018. Perusahaan berbasis di Munich ini berambisi mengembangkan dan memproduksi mobil listrik mewah dengan desain puncak. Automobili Pininfarina akan menjual mobil-mobil hasil desain Pininfarina SpA. [Itn]