Berita Otomotif Terbaru

First Impression All New Daihatsu Sirion : City Car Tak Mesti Selalu Sempit

0 421

JAKARTA – Mobil city car diminati karena alasan bentuknya yang kompak sehingga lincah bermanuver di jalan raya. Sayangnya, mobil jenis ini masih kecil pangsa pasarnya karena dimensinya dianggap tidak bisa mengakomodir kebutuhan pemiliknya dalam soal daya angkut dan kenyamanan posisi duduk. “Terlalu sempit dan susah angkut banyak”, begitu rata-rata komentar orang saat ditawarkan jenis mobil ini.

Tapi kesan ini mungkin akan berubah kalau sudah melihat dan merasakan All new Daihatsu Sirion yang baru meluncur kemarin, Selasa (13/2/2018) di Gandaria City, Jakarta.

Usai seremoni peluncuran, Otobisnis.com berusaha mendapatkan first impression Sirion baru dengan masuk ke dalam kabinnya. Tak cuma merasakan duduk di belakang kemudi saja, tapi di bangku penumpang baris pertama dan juga baris belakang.

Jujur, kekhawatiran di atas soal sempitnya kabin city car langsung pudar. Sirion ini benar-benar luas dan bikin posisi duduk nyaman untuk ukuran tinggi rata-rata orang Indonesia antara 175-185 cm.

Dari penjelasan Pradipto Sugondo, Research & Development Division Head at PT Astra Daihatsu Motor, Daihatsu Sirion generasi ketiga ini memang mengalami perubahan dimensi yang cukup signifikan, dari panjang dan juga lebarnya.

“Sirion sebelumnya punya panjang 3.690 cm, dan lebarnya 1.665 cm. Nah, untuk generasi yang sekarang itu panjangnya jadi 3.895 cm dan lebar keseluruhan 1.735 cm, penambahannya cukup signifikan,” jelas Pradipto di sela acara peluncuran All new Daihatsu Sirion.

Kesan luas ini pun dirasakan oleh salah satu pengunjung yang juga ikut melakukan first impression dengan duduk di bangku penumpang belakang.

“Iya, beda nih sama mobil di rumah, space di belakang lebih luas, lebih lega!” aku wanita yang ogah menyebut namanya dan mengaku sebagai pemilik city car beda merek.

Artinya, mobil lincah dan kompak tak selamanya harus sempit bukan? Buktinya Daihatsu Sirion mampu menawarkan kelapangan kabin yang membuat nyaman 5 penumpang yang berada di dalamnya.

First Impression All new Daihatsu Sirion
Kapasitas bagasi All new Daihatsu Sirion makin bertambah seiring berubahnya dimensi. (Dji Endee)

Yang juga perlu di highlight adalah bagasi All new Daihatsu Sirion yang diklaim sekarang kapasitasnya bertambah luas sekitar 62 liter, jadi bisa muat lebih banyak barang.

Tapi yang paling istimewa adalah hadirnya power outlet untuk penumpang di baris kedua. Mungkin sudah banyak mobil penumpang yang menyediakan slot charger smartphone seperti ini, karena memang menjadi satu kebutuhan yang wajib ada.

Tapi di Sirion letaknya cukup unik, karena persis berada di sandaran kursi pengemudi bagian samping kiri. Itupun sudah dilengkapi dengan kantong tempat penyimpanan smartphone saat proses pengisian daya. Kemana-mana bisa dipastikan baterai smartphone bakal tetap terisi. Update status dan komen-komen di sosial media pun dipastikan lancar, selama kuota internet ada loh yaaa….

First Impression All new Daihatsu Sirion
Power outlet di All new Daihatsu Sirion letaknya unik, persis di sandaran bangku pengemudi sehingga mudah diakses siapapun (Dji Endee)

Berada di belakang lingkar kemudi juga tidak kalah menyenangkan, karena mobil yang didatangkan dari Malaysia ini memang sangat memperhitungkan aspek tersebut.

Kini untuk mengatur posisi duduk semakin mudah dengan adanya seat height adjuster. Ketinggian posisi lingkar kemudi juga bisa diatur meskipun tidak bisa diseting maju-mundur.

First Impression All new Daihatsu Sirion
Tombol Engine Start Stop untuk menyalakan dan mematikan mesin (Dji Endee)

Oh iya, Sirion baru sudah punya fitur kekinian juga layaknya mobil premium, namanya Engine Start Stop, cukup tekan tombol tersebut, mesin bisa hidup atau dimatikan, sudah tak perlu memasukkan anak kunci lagi, keren kan?

All new Daihatsu Sirion benar-benar mengajak kalian jadi “Generasi ON”