Berita Otomotif Terbaru

Gempur ASEAN, Groupe PSA Beli Mayoritas Saham Pabrik NAZA

0 424

GUNTUR — Groupe PSA kembali menunjukkan agresivitasnya dengan membeli mayoritas saham pabrik Naza Automotive Manufacturing (NAM) yang berada di Gurun, Kedah, Malaysia dari Naza Corporation Holdings.

Pabrik tersebut akan menjadi pabrik pertama PSA Group di ASEAN sekaligus menegaskan komitmennya kepada pasar ASEAN. NAZA Group memegang penuh distribusi kendaraan-kendaraan Peugeot, Citroen dan DS Automobiles di Malaysia. PSA Group pun mengeksplorasi prospek distribusi di pasar ASEAN lainnya untuk memenuhi potensi 680 juta pelanggan di wilayah ini.

Naza Automotive Manufacturing (NAM) beroperasi sejak 2004 dengan jumlah karyawan hampir 450 orang. Kapasitas produksi pabrik ini mencapai 50.000 kendaraan per tahun.

Pabrik ini akan digunakan untuk memproduksi kendaaan-kendaraan segmen C dan D yang memanfaatkan modular platform EMP2. Peugeot 3008 akan menjadi model pertama yang diproduksi pada 2018. Pada 2019, Citroen C5 Aircross akan menjadi model berikutnya.

“Penciptaan pusat produksi ASEAN di Gurun, Kedah, merupakan lompatan signifikan bagi Groupe PSA yang akan mengarah pada pengembangan bisnis menguntungkan di kawasan ini sebagai bagian dari rencana strategis Push to Pass kami. Kami senang bisa bermitra dengan Naza Corporation Holdings dan terus memanfaatkan hubungan historis kami,” kata Carlos Tavares, Chairman of the Managing Board of Groupe PSA.

Sebagai informasi tambahan, pada 2017, Groupe PSA membeli semua saham Opel dan Vauxhall dari General Motors (GM). Kini mereka mengklaim sebagai produsen terbesar kedua asal Eropa dengan brand-brand sebagai berikut: Peugeot, Citroen, DS Automobiles, Opel, Vauxhal.#