Berita Otomotif Terbaru

Honda CR-V 7 Penumpang Meluncur Jenewa

0 433

JENEWA – Honda mengumumkan baru akan meluncurkan Honda all-new CR-V versi Eropa di ajang Geneva Motor Show 2018. Model yang sudah lebih dulu dijual di Indonesia itu mendapat perbaikan kualitas interior dan kabin, termasuk untuk pertama kalinya menawarkan pilihan tujuh kursi dan mesin hybrid.

Inilah kali pertama Honda CR-V ditawarkan dalam varian 3 baris tempat duduk atau 7 penumpang – untuk pasar Eropa. Hal ini merupakan bagian dari strategi Honda bersaing dengan SUV berbadan panjang lainnya seperti VW Tiguan, atau Nissan X-Trail yang di Eropa dikenal dengan nama Rogue yang sama-sama memiliki tiga baris.

Honda all-new CR-V memiliki desain eksterior yang lebih segar dan canggih. Lengkungan roda dibuat lebih luas dan berotot, kontur yang lebih tajam pada bagian bonnet dan belakang, serta wajah keluarga Honda terbaru di bagian lampu depan.

Honda juga mengumumkan rencana kehadiran Honda CR-V versi hybrid. Model ini akan dilansir di Eropa pada awal 2019. Mesin yang digunakan Intelligent Multi Mode Drive (i-MMD) hybrid system yang setara dengan 2.0 liter i-VTEC Atkinson cycle 4 silinder plus dua motor listrik seperti pada Accord Hybrid.

Model hybrid tidak menggunakan transmisi biasa, melainkan girboks single fixed-gear agar tercipta koneksi langsung dalam pentransferan tenaga. Nantinya, Honda CR-V Hybrid akan bersaing dengan SUV hybrid lainnya seperti Toyota RAv4 Hybrid, Nissan Roque Hybrid, dan Mitsubishi Outlander PHEV.

Untuk mesin, varian 7-seater akan menggunakan mesin 1.5 liter Turbo yang ditunjang dengan pilihan gearbox manual 6-kecepatan atau CVT automatic.

Nah apa bedanya dengan versi Indonesia. Secara umum, versi 7-seater ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di Tanah Air. Di Indonesia, model ini diperkuat mesin 1.5L VTEC Turbo. Ada dua tipe yaitu 1.5L Turbo yang dibanderol Rp 468 juta dan 1.5L Prestige Turbo seharga Rp 508 juta. HPM juga mimiliki satu tipe 5-seater yang menggunakan mesin 2.0L SOHC i-VTEC dan dibanderol seharga Rp 434 juta. [ian]