Berita Otomotif Terbaru

Hyundai NEXO Melaju Otomatis Tanpa Supir Tempuh 190 KM

0 357

SEOUL – Hyundai Motor Company meyakini kendaraan listrik fuel cell Hyundai NEXO telah sukses melakukan pengujian langsung kendaraan otonom level 4 sejauh 190 km, dari Seoul ke Pyeongchang.

Hingga saat ini kendaraan otonom hanya bisa dikendarai di daerah tertentu dengan kacepatan terbatas. Namun untuk kali pertama Hyundai NEXO bisa berkendara di jalan umum dan melaju hingga 110 km/jam, kecepatan maksimum yang diperkenankan di jalan raya Korea.

Adapun pengujian ini melibatkan tiga unit Hyundai NEXO yang siap dipinang konsumen bulan Maret di Korea. Kendaraan yang dapat melaju tanpa bantuan pengendara ini menggunakan teknologi level 4 yang sudah ditetapkan melalui standar internasional SAE dan dilengkapi teknologi jaringan 5G.

Pengujian berlangsung jumat lalu (2/2) dengan pilihan tombol “CRUISE” dan “SET” agar kendaraan melaju secara otonom dengan memilih tujuan melaju ke Pyeongchang. Masuk ke jalan tol, kendaraan berubah respon dengan mengikuti kepadatan lalu lintas, berpindah lajur, menyalip kendaraan dan menavigasi gerbang tol melalui Hi-pass, sistem wireless untuk pembayaran tol di Korea.

Teknologi ini sempat diperkenalkan pada Consumer Electronics Show (CES) awal tahun lalu, mobil berfitur teknologi terkini yang memungkinkan kendaraan memantau secara akurat di sekeliling kendaraan, sekaligus menentukan arah ketika di persimpangan dan menavigasi ketika berada di gerbang tol secara akurat melewatinya.

Kendaraan juga dapat menentukan posisi di peta dengan menggunakan sensor eksternal untuk memantau situasi ketka sinyal GPS terganggu seperti saat menelusuri terowongan panjang.

“Filosofi Hyundai untuk mengembangkan teknologi penggerak otonom adalah memberikan tingkat keamanan tertinggi dikombinasikan dengan standar kenyamanan tinggi yang diharapkan oleh pelanggan kami,” ujar Jinwoo Lee, Head of the Intelligent Safety Technology Centre at Hyundai Motor Group.

Hyundai Motor Group sepertinya sudah mempersiapkan memasarkan kendaraan SAE standard Level 4 seiring dengan sistem berkendara otonom di perkotaan pada tahun 2021. [KC]