Berita Otomotif Terbaru

Hyundai Staria, MPV Mewah, dengan 2 Opsi Mesin

0 548

SEOUL – MPV premium atau MPV mewah Hyundai Staria akan dijual dalam opsi mesin bensin dan diesel.

Pilihan pertama mesin Hyundai Staria adalah diesel 2.2-liter VGT yang telah ditingkatkan dan dikawinkan dengan transmisi manual 6-speed atau otomatis 8-speed. Jantung mekanis ini menghasilkan perkiraan output tenaga sebesar 177 PS dan torsi 431,5 Nm. Turbocharger berpendingin udara berefisiensi tinggi memiliki kompresor dan kinerja roda turbin yang ditingkatkan untuk kinerja torsi kecepatan rendah yang lebih baik.

Opsi kedua adalah G6DIII 3,5-L MPI berasupan bensin yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-speed, menghasilkan perkiraan output tenaga sebesar 272 PS dan torsi 331,5 Nm. Sistem manajemen termal terintegrasi memberikan peningkatan efisiensi bahan bakar dengan mengoptimalkan kontrol suhu cairan pendingin sesuai dengan kondisi pengoperasian kendaraan. Lengan ayun roller terintegrasi membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar lebih jauh dengan mengurangi gesekan. Pengecoran baja tahan karat baru membantu meningkatkan interferensi gas buang untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Hyundai Motor mengoptimalkan setiap opsi powertrain untuk kebisingan, getaran, dan kekerasan (NVH) rendah, sensasi perpindahan gigi lebih baik untuk kinerja torsi tinggi dan akselerasi yang ditingkatkan. Badan kontrol katup langsung (direct valve control body) dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi hidraulik, pompa oli untuk efisiensi bahan bakar, dan konverter torsi multi-pelat untuk kontrol dan efisiensi bahan bakar.

Peningkatan mekanis juga menghasilkan kenyamanan berkendara yang lebih baik berkat penerapan suspensi multi-link di gandar belakang. Sudut kemiringan tegak dan rasio tuas peredam kejut Hyundai Staria juga berkontribusi pada peningkatan kenyamanan berkendara. Demikian pula, peningkatan pada kaliper rem dan cakram memberikan tenaga pengereman stabil bahkan dengan ukuran model yang besar.

Selain peningkatan mekanis, desain body bagian atas yang aerodinamis dan penyempurnaan body bawah menghasilkan koefisien drag yang lebih baik untuk penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Tingkat keselamatan Hyundai Staria diklaim menempati kasta tertinggi. Terdapat 6 airbags, headrest & seat belt 3-titik di semua jok, Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).

Hyundai Staria juga menawarkan fitur-fitur keselamatan lainnya. Wireless Module Seat Belt Reminder (WM-SBR), sistem pengingat sabuk pengaman pertama di dunia yang menggunakan teknologi komunikasi nirkabel, memungkinkan para penumpang untuk menikmati manfaat dari pengingat sabuk pengaman dan kemampuan geser panjang pada saat yang bersamaan.

Safe Exit Assist (SEA) mencegah pintu terbuka, dalam suatu situasi di mana penumpang mencoba membuka pintu geser saat kendaraan dari sisi belakang lewat.

Rear Occupant Alert (ROA), tersedia di pasar-pasar tertentu, menggunakan sensor radar untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi jika penumpang belakang tertinggal di dalam mobil setelah keluar dari kendaraan.

Hyundai STARIA juga hadir dengan sistem infotainment pintar  dan dilengkapi dengan kamera sudut lebar yang memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk melihat penumpang belakang di jok belakang pada tampilan layar. Keluarga dapat menggunakan fitur ini untuk memantau anak-anak dan hewan peliharaan dengan nyaman, sementara pengguna bisnis seperti layanan ride-hailing juga akan mendapatkan keuntungan dari fitur ini.

Sistem infotainment juga memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk berkomunikasi dengan penumpang belakang menggunakan fungsi speaker unik yang memungkinkan semua penumpang dapat mendengar satu sama lain dengan jelas.

Hyundai Staria akan tersedia dalam 8 pilihan warna eksterior: Abyss Black Pearl, Creamy White, Graphite Gray Metallic, Moonlight Blue Pearl, Shimmering Silver Metallic, Dynamic Yellow, Olivine Gray Metallic dan Gaia Brown Pearl.

MPV mewah atau MPV premium Hyundai Staria akan dijual di beberapa negara pilihan pada semester II 2021. ##