Berita Otomotif Terbaru

Libur Natal & Tahun Baru, Korlantas Sarankan Pengemudi Istirahat Cukup

0 396

JAKARTA — Setiap tahun menjelang libur Lebaran, Natal serta Tahun Baru, penumpukan kendaraan pasti akan terjadi di jalur Tol Cikampek hingga Surabaya.

Untuk mengantisipasi hal ini, Korlantas Polri melakukan rapat koordinasi yang melibatkan semua instansi terkait, untuk melakukan operasi mulai tanggal 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019 mendatang.

Penumpukan kendaraan pasti akan terjadi di jalur tol yang dimulai KM 0 di Cawang hingga Surabaya, jelas Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia (Korlantas Polri) Irjen Pol Refdi Andri.

“Penumpukan terutama untuk jalur Cikampek, Korlantas Polri sudah berkoordinasi dengan pelaku-pelaku usaha karena di jalur Tol Cikampek ada 3 pengerjaan: LRT, Kereta Api Cepat dan  jalan tol bertingkat. Untuk mencegah kemacetan yang lebih parah ketiga pengerjaan ini akan dihentikan terlebih dahulu mulai 19 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019,” ujar Refdi di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Begitu juga dengan truk angkutan barang, kami akan hentikan selama liburan sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan No. 115 yang dikeluarkan tanggal 5 Desember 2018. Kemudian Permen ini kita koordinasikan kepada seluruh jajaran yang akan bertugas nanti,” imbuh Refdi.

Menurut Refdi, ada yang berbeda rekayasa kali ini dibandingkan libur Hari Raya Idul Fitri lalu, Polri hanya akan melakukan contra-flow pada ruas-ruas tertentu yang dilanda volume kendaraan cukup besar. TIdak seperti libur Lebaran lalu yang tidak hanya memberlakukan contra-flow, tetapi juga memberlakukan jalan satu jalur (one way).

Mengantisipasi adanya penggunaan bahu jalan sebagai tempat beristirahat, Korlantas Polri juga sudah mengundang Asosiasi Rest Area untuk berkoordinasi, agar tidak ada lagi penggunaan bahu jalan untuk tempat beristirahat.

“Semua pengendara di jalan tol diharuskan dan wajib untuk beristirahat di rest area yang telah disediakan. Dan agar tidak terjadi kemacetan yang cukup panjang di rest area, kami harapkan, semua pengendara dapat beristirahat secukupnya agar bisa bergantian dengan pengendara lainnya.” (IBD)