Berita Otomotif Terbaru

“Mask for Bike” Cegah Depresi Pemotor Akibat Terpapar Polusi

0 331

Jakarta – Sadar polusi menjadi salah satu penyebab depresi selama di jalan, Mobil123.com dan Otospirit.com gelar kegiatan bagi-bagi masker kepada para pengguna jalan, khususnya pengendara sepedamotor.

Program CSR bertajuk “Mask for Bike” ini berlangsung perempatan Buaran-Radin Inten 2, Jakarta Timur pada hari Rabu kemarin (12/4), dengan tujuan membantu para pemotor
mengurangi efek depresi akibat terpapar polusi asap knalpot dan debu.

Mask for Bike
Mask for Bike

Jelas, polusi udara dalam jangka yang panjang bisa membahayakan kesehatan manusia. Efek awal yang dirasakan adalah pusing, sesak napas, dan ujungnya dapat menimbulkan
depresi. Ini mengakibatkan kerusakan mental serta mempengaruhi kemampuan orang dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Tanda-tanda depresi bisa terlihat dari perasaan seseorang yang menurun seperti muram, sedih sampai perasaan tertekan.

“Depresi bisa dicegah. Caranya dengan melindungi bagian pernapasan dengan masker bagi mereka yang beraktifitas sehari-hari menggunakan roda dua. Maka dari itu hari ini 1.000 masker kami bagikan kepada pengguna kendaraan sepedamotor yang melintas di Radin Inten 2 Buaran, Jakarta Timur,” ucap Regia Glamouria selaku Direktur Mobil123.com dan Otospirit.com di lokasi acara “Mask for Bike”.

Libatkan 15 Komunitas Sepedamotor

Mask for Bike
Mask for Bike

Mobil123.com dan Otospirit.com tidak sendiri menggelar kegiatan ini. Sebanyak 15 orang dari 5 komunitas bikers juga ikut terlibat aktif dalam kegiatan positif ini.

Kelima komunitas bikers tersebut antara lain Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, dan Vario Owner Medias.

Bagi-bagi masker dimulai tepat pada pukul 16.00 – 17.00 WIB. Para pengguna jalan yang melintas pun terlihat antusias dan merasa senang mendapatkan masker motor eksklusif sebagai salah satu alat perlengkapan mereka dalam berkendara sepedamotor.

Mask for Bike
Mask for Bike

Lebih lanjut Regia Glamouria menyatakan bahwa kegiatan ini untuk menyambut Hari Kesehatan Dunia yang diperingati setiap 7 April. Apalagi tema global Hari Kesehatan Dunia tahun ini adalah “Depression: Let’s Talk”.

“Masalah depresi ini jadi tanggung jawab bersama. Kami memutuskan untuk fokus Hari Kesehatan Dunia 2017 dengan menggelar kegiatan yang mengarah pada kesehatan yang lebih baik dengan membagikan masker kepada pengguna sepedamotor,” lanjutnya.

Di Indonesia, sebanyak 9,1 juta orang menderita depresi atau sekitar 3,7 persen dari populasi. “Satu hal yang perlu diingat, polusi udara berpotensi mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan manusia. Masker sangat bermanfaat bagi pemotor agar terhindar dari polusi saat berangkar ke sekolah, kampus atau tempat kerja,” pungkas Regia. (Z)