Berita Otomotif Terbaru

Mitos atau Fakta, Perawatan Mobil Peugeot Mahal?

0 1.960

JAKARTA – Berlabel mobil besutan benua Eropa, mayoritas orang percaya bahwa merawat mobil Peugeot membutuhkan kocek yang lebih tebal ketimbang mobil Jepang.

Mendengar pernyataan tersebut, Hadi Taruna, Peugeot Lovers yang juga memiliki workshop specialist Peugeot angkat bicara. Ia pun sedikit menjabarkan perihal pandangan tersebut. Menurutnya, ada alasan kenapa ada stigma negatif di masyarakat terkait perawatan mobil Peugeot.

“Ya enggaklah, semua Peugeot enggak ada yang mahal perawatannya. Dasarnya adalah jenis mobil Peugeot bukan mobil yang umum, sehingga ada anggapan semacam itu,” buka Hatar ketika ditemui di workshopnya di Bintaro.

Bahkan untuk perihal harga spare part, bagi sosok yang juga menjadi tuner dari tim balap Pertamax Turbo GRT ini, menjabarkan harga spare part untuk Peugeot masih reliable alias masuk akal. Sedangkan untuk ketersediaannya, ia menambahkan masih sangat banyak di luaran untuk segala spare part untuk mobil dengan lambang Singa tersebut.

“Harga spare part tidak mahal juga. Kita bicara mobil kelasnya apa, hampir sama lah. Kalau Peugeot 406, biasanya selevel dengan Absolute Corona, atau Honda Cielo. Jangan dibandingkan dengan kelas yang Corolla atau Kijang, tidak fair. Harganya tidak mahal juga untuk kopling set, atau kaki-kaki sama saja,” tambah Hatar.

Sebagai gambaran, untuk sekali melakukan jasa servis, biasanya estimasi biaya yang dikeluarkan tidak begitu banyak. Untuk 10.000 kilometer biaya yang diperlukan tidak lebih dari Rp 300 ribu.

“Untuk rentang harga, kalau tune up, di bengkel resmi memang cukup mahal. Namun, untuk bengkel-bengkel privateer atau umum, tune up empat silinder, dari Rp 250.000 untuk tune up, sehingga sama saja rentang harganya. Tidak ada yang terlalu mahal dalam hal perawatan berkala,” imbuhnya.