Berita Otomotif Terbaru

Motor Klasik Jawa Mulai Dijual

0 1.120

PUNE — Jika Anda adalah seorang pecinta motor klasik, silakan tengok Jawa dan Jawa forty two. Brand asal Ceko dan kini dibangkitkan kembali oleh Mahindra & Mahindra via perusahaan bernama Classic Legends Pvt Ltd ini mulai dipasarkan di India.

Harga Jawa INR 1,64,000 atau sekitar Rp 33,6 juta dan harga Jawa forty two INR 1,55,000 atau setara dengan Rp 32 jutaan.

Kedua model menampilkan lampu-utama bulat, tangki bensin besar, sepasang kaca spion bergaya klasik serta fender-fender besar.

Berdiri dengan chassis dudukan ganda, keduanya dibekali dengan mesin 1-silinder 293 cc DOHC bertenaga 27 HP dan bertorsi 28 Nm, dengan transmisi 6-speed.

Dikatakan oleh Mahindra & Mahindra bahwa Jawa dan Jawa forty two memiliki suara unik dan gurih. Untuk menciptakan suara tersbeut pabrikan asal India ini meminta para insinyur dari Verona Italia mewujudkannya.

Suspensi depan menganut telescopic hydraulic dan belakang gas Canister – Twin shock hydraulic. Rem cakram depan diperkuat oleh ABS, sementara belakang mengandalkan rem drum.

“Sangat jarang mendapatkan kesempatan untuk menghidupkan kembali legenda. Jawa adalah merek otentik dan ikonik yang mewakili keinginan dan kerinduan di dalam diri kita semua untuk kebebasan dan petualangan,” kata Anand Mahindra, Chairman, Mahindra Group.

Jawa Motorcycles punya sejarah panjang di dunia sepedamotor. Perusahaan aslinya tersebut didirikan pada 1928 di Praha, Cekoslovakia. [Itn]