Berita Otomotif Terbaru

New Jeep Compass, SUV Keren dan Kaya Fitur

0 182

TURIN – All-new Jeep Compass diluncurkan di Eropa pada 6 April 2021. Inilah peluncuran pertama Jeep di Eropa untuk Stellantis Group (grup baru yang dibentuk pada 16 Januari 2021 dan merupakan hasil penggabungan antara PSA Groupe dan Fiat Chrysler Automobiles).

New Jeep Compass membawa sejumlah ubahan besar pada fitur dan konten yang paling disukai oleh para pelanggan Eropa: gaya, teknologi, keselamatan, keberlanjutan, dan fungsionalitas.

Pada peluncuran generasi pertamanya pada tahun 2017, Jeep Compass menandai kembalinya merek tersebut ke segmen C-SUV dan merupakan Jeep pertama yang dirancang khusus untuk digunakan di jalanan global. Ini meletakkan dasar yang kokoh untuk kesuksesan model ini: sejak diluncurkan di Eropa, SUV compact ini adalah pendorong performa penjualan merek dan menyumbang lebih dari 40% penjualannya, mengukuhkan posisinya sebagai salah satu Jeep yang paling dihargai. Salah satu yang paling dicari dalam konfigurasi 4xe (4×4 baru dari Jeep) dengan teknologi plug-in hybrid. Kira-kira satu dari empat model Jeep Compass yang dijual di Eropa adalah versi 4xe. Varian 4xe adalah model plug-in hybrid terlaris di Italia.

Eksterior Baru Jeep Compass

Tampilannya segar dengan desain modern yang bahkan lebih canggih. Ubahan utamanya pada bagian depan, kini menampilkan tampilan yang lebih luas dan lebih atletis, dicapai dengan menggunakan elemen gaya yang berkembang secara horizontal, serta menonjolkan keluasan kendaraan dan keberadaan di jalan raya.

Dibandingkan dengan rumah lampu kabut terpisah versi sebelumnya, komponen ini sekarang diintegrasikan ke dalam bukaan linier lebar tunggal di tengah, menghasilkan konstruksi ‘berlapis’ di bagian depan.

Tampilan grille Jeep yang legendaris telah diubah, menaikkan posisi vertikal dan membaginya menjadi dua bagian horizontal. Ini mengintegrasikan lampu depan LED penuh baru yang menampilkan profil lebih tipis dan ramping. Tersedia dalam tiga tipe berbeda, mereka memberikan tampilan yang lebih berani pada Kompas Baru. daytime running lights (DRLs) – sekarang ditandai dengan bentuk memanjang yang halus – juga telah diubah posisinya dan sekarang dipasang di lampu utama. Bukaan bawah dan skid plate lebih lebar dan lebih terlihat juga.

Berkat pencahayaan depan yang baru, kecerahan meningkat kira-kira 100% dibandingkan dengan lampu depan Xenon, menghasilkan persepsi kedalaman dan pencahayaan lateral yang lebih baik.

Perlakuan yang sama dapat ditemukan di bagian belakang mobil, di mana garis horizontal bagian depan terus berlanjut dan menjadi ciri potongan lampu belakang yang ramping, memberikan tampilan lebih modern dan menawan.

Interior Baru Jeep Compass

Para desainer Jeep telah meredesain interior sepenuhnya dan memberikan gaya lebih modern, canggih, konsisten dengan desain eksterior. Pada saat yang sama, kepraktisan meningkat, menawarkan penggunaan ruang yang lebih fungsional, dan opsi penyesuaian lebih luas.

Pembaruannya mencakup semua, yang melibatkan dashboard, terowongan pusat (center tunnel) dan panel pintu. Hasilnya adalah kabin lebih canggih dan luas, dengan material premium dan detail teknis.

Terowongan tengah yang didesain ulang sekarang berada di posisi lebih tinggi dan menawarkan kompartemen penyimpanan baru, besar, hampir 5 liter di bawah sandaran tangan pusat dan kompartemen 2,4 liter tambahan di sebelah tuas persneling baru, untuk menyimpan tablet mini. Berbagai solusi cerdas ini telah meningkatkan ruang kompartemen penyimpanan hampir tiga kali lipat (sebesar 4,4 liter).

Terakhir, peningkatan fungsionalitas juga melibatkan eksterior, dengan fitur tailgate baru yang dioperasikan dengan melakukan gerakan menendang hingga membuka bagian bawah bumper.

Fitur baru dan berteknologi tinggi utama lainnya untuk new Jeep Compass adalah instrument cluster digital full-HD 10,25 inci. Standar pada Limited, Trailhawk dan S (opsional pada Bujur), instrument cluster digital menyediakan pengguna dengan sekitar dua lusin opsi konfigurasi dalam lima menu yang dapat disesuaikan.

Mesin New Jeep Compass

Terdapat rangkaian mesin bensin, diesel, dan powertrain hybrid plug-in, semuanya sesuai dengan Euro 6D Final.

Mesin diesel Multijet II 1,6 liter, yang sekarang mampu menghasilkan tenaga 130 hp pada 3.750 rpm, dan torsi 320 Nm pada 1.500 rpm, dipasangkan dengan transmisi manual 6-speed dan penggerak roda-depan (FWD). Pembaruan telah meningkatkan 10 hp dibandingkan mesin diesel 1,6 liter yang tersedia pada model sebelumnya. Konsumsi BBM lebih irit 10% dan emisi CO2 11 g / km lebih sedikit di Siklus WLTP.

Mesin bensin turbo GSE 4-silinder 1,3 liter dengan dua tingkat output: 130 hp dan torsi puncak 270 Nm yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-speed atau 150 hp dan torsi puncak 270 Nm, dipasangkan dengan Transmisi Kopling Kering Ganda (DDCT). Kedua opsi bensin tersebut adalah penggerak roda-depan. Mesin 1,3 liter telah direvisi sehingga memaksimalkan respons mesin pada putaran mesin rendah dan mengurangi emisi dan konsumsi CO2 hingga 27% (siklus WLTP) jika dibandingkan dengan versi bensin 4×4 sebelumnya dengan transmisi otomatis.

Mesin 4-silinder 1,3 liter turbo dengan teknologi plug-in hybrid, 190 hp atau 240 hp dan torsi 270 Nm, transmisi otomatis 6-speed dan eAWD menggerakkan versi 4xe dan melengkapi jajaran mesin new Jeep Compass. Pada versi 4xe, mesin turbo 1,3 liter dipasangkan dengan motor listrik yang terletak di poros belakang, ditenagai oleh baterai 11,4 kWh yang dapat diisi ulang saat mengemudi atau melalui stopkontak eksternal: baik di rumah dengan sumber listrik rumah tangga Anda, menggunakan easyWallbox atau Connected Wallbox, atau dari titik pengisian daya publik. Dengan sendirinya, mesin turbo 1,3 liter yang efisien menghasilkan dua tingkat output (130 hp dan 180 hp), ditambah 60 hp yang dihasilkan oleh motor listrik, menambahkan hingga total 190 hp (versi Longitude dan LImited) atau 240 hp (Trailhawk dan S). Dari segi torsi, motor listrik menghasilkan 250 Nm, dengan mesin bakar 270 Nm.

Dengan menggabungkan mesin pembakaran internal dan motor listrik, new Jeep Compass 4xe menjamin performa yang luar biasa dan kenikmatan berkendara dengan akselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 7,5 detik, kecepatan tertinggi listrik murni 130 km/h, naik hingga 200 km/jam dalam mode hybrid.

Model 4xe juga merupakan mobil ideal untuk berkendara di kota, berkat teknologi hibrida plug-in, menawarkan perjalanan tanpa emisi dalam mode listrik penuh, dengan jarak tempuh antara 47 dan 49 km (siklus WLTP). Dalam mengemudi off-road, dua motor listrik yang dilengkapi Powerloop memastikan traksi eAWD.

Sistem Keselamatan New Jeep Compass

Sejumlah fitur keselamatan sebelumnya Forward Collision Warning & LaneSense Departure Warning, Electronic Stability Control (ESC) with Electronic Roll Mitigation (ERM), airbags (tirai, depan, samping) dan lain-lain tetap dibawa. Dan, kini Jeep mengimbuhinya dengan Traffic Sign Recognition, Intelligent Speed Assist, Drowsy Driver Alert serta Automatic Emergency Braking with Pedestrian and Cyclist Recognition.

Dan new Jeep Compass menjadi mobil Jeep pertama di Eropa yang dilengkapi dengan Highway Assist, sistem bantuan pengemudi untuk mengemudi otonom level 2 (L2), menggunakan kombinasi sistem Adaptive Cruise Control dan Lane Centering saat berkendara di jalan raya (opsional tersedia pada paruh 2021). ##