Berita Otomotif Terbaru

Pabrik Baru Mitsubishi Diresmikan, Siap Kembangkan Porsi Pasar

0 331

Bekasi – Pabrik baru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di kawasan industri GIIC Deltamas, Kabupaten Bekasi, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada hari ini (25/4).

Pabrik ini akan memproduksi atau merakit SUV Mitsubishi Pajero Sport, kendaraan niaga ringan Mitsubishi Colt L300, serta MPV berbasis Mitsubishi XM.

Untuk membangun pabrik, Mitsubishi menguncurkan investasi 65 miliar yen (USD 565 juta) dengan fasilitas manufaktur terbaik dan akan mempekerjakan 3.000 orang. Kapasitas produksinya sendiri akan mencapai 160.000 kendaraan per tahun pada kapasitas penuh.

Pembangunan ini tidak terlepas dari dukungan Nissan Motor Company yang sejak Oktober 2016 menguasai 34% saham Mitsubishi Motors Corporation. Penguasaan saham sebesar itu memasukkan Mitsubishi ke dalam keluarga Renault-Nissan Alliance.

“Pabrik ini merupakan representasi kepercayaan diri kami di Indonesia, di wilayah ASEAN dan pada prospek perkembangan Mitsubishi Motors. Kami bangga dapat turut menciptakan lapangan kerja dan berinvestasi di salah satu wilayah dan kekuatan ekonomi terbesar yang akan menjadi basis produksi dan ekspor yang kuat untuk aliansi kami yang sedang berkembang,” kata Carlos Ghosn, Chairman of MMC & Renault-Nissan Alliance, di sela peresmian.

Berdirinya pabrik baru Mitsubishi di Bekasi didasari oleh potensi yang dimiliki Indonesia, di mana salah satunya adalah populasi terbesar keempat dunia, lebih dari 260 juta jiwa. Mitsubishi memprediksi permintaan kendaraan di Indonesia akan tumbuh lebih cepat dibandingkan ekonomi secara global. Sementara itu rasio kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia 78 unit per 1000 penduduk, masih kalah dengan China dan kurang dari setengahnya dari Thailand.

Pengembangan bisnis MMC di Indonesia merupakan kelanjutan dari investasi untuk penambahan kapasitas produksi di Thailand dan Filipina dalam beberapa tahun terakhir.

“Fasilitas perakitan baru memungkinkan kami untuk mengembangkan porsi pasar, di mana kami telah berada di Indonesia selama lebih dari 45 tahun,” kata Osamu Masuko, chief executive dari Mitsubishi Motors. [Otobisnis]