Berita Otomotif Terbaru

Pabrik Suzuki Cikarang Sanggup Produksi Ertiga Dalam Waktu 3 Menit

0 530

CIKARANG – Fasilitas produksi mobil Suzuki di kawasan industri Cikarang, Jawa Barat, beroperasi sejak tahun 2015. Ini adalah pabrik perakitan kendaraan terbaru Suzuki secara global.

Dilengkapi dengan fasilitas serta teknologi terbaru, pabrik yang hanya produksi Suzuki Ertiga ini memiliki kapasitas mencapai 120.000 unit setahun.

Namun untuk saat ini PT Suzuki Indomobil Motors (SIM) hanya produksi rata-rata 4.000 unit Ertiga perbulan. Hebatnya, satu unit Ertiga mampu dihasilkan hanya dalam waktu tiga menit.

“Untuk produksi mobil dari utuh lempengan hingga jadi mobil itu memakan waktu cukup lama, bisa sampai 7 hingga 8 jam. Tapi produksi yang dihasilkan, sekitar 2 hingga 3 menit keluar mobil baru,” kata Yudonendito, Assistant to Dept Body Assambly PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Senin (19/2/2018).

Malah disebut fasilitas pabrik Suzuki Cikarang ini punya standar yang sama dengan pabrik prinsipal yang ada di Jepang. Dibangun dengan investasi sebesar USD 1 Milliar, pabrik Suzuki keempat di Indonesia ini dilengkapi dengan mesin dan robot berteknologi tinggi dan modern.

Dukungan teknologi terkini menjadi keunggulan dari Pabrik Cikarang sehingga dapat melakukan proses kerja lebih presisi, efektif dan efisien.

Total ada 217 robot diberdayakan pada proses pengelasan (welding). Robot-robot tersebut mampu menghasilkan produk berkualitas dengan akurasi yang tinggi. Keunggulan iainnya adalah pabrik ini juga memiliki fasilitas Forging (gear) dan Seat (jok mobil) yang dilakukan secara in-house.

Pabrik yang diresmikan Mei 2015 silam ini memiliki luas 130,7 hektare. Sebagai aktifitas utamanya, Pabrik Cikarang memproduksi LMPV andalan Suzuki, yaitu New Ertiga untuk pasar domestik maupun ekspor.

Pabrik ini juga memproduksi mesin dan transmisi untuk pasar domestik dan luar negeri. Jenis mesin yang diproduksi adalah mesin K108 (1000cc) untuk Karimun Wagon R dan K148 (1400cc) untuk New Ertiga. Selain itu, untuk produksi transmisi juga diekspor ke negara Thailand, Pakistan, Malaysia dan lndia.

“Untuk ke depan pabrik ini juga akan memproduksi tipe-tipe produk mobil baru Suzuki,” kata Ryokei Uchiki GM Strategic Planning Dept. PT Suzuki lndomobil Motor.

Data dan Fakta Pabrik PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM)

Pabrik dengan total luas areal 1.307.519 m2 ini menyerap tenaga kerja 1.290 orang. Di lokasi ini terbagi menjadi dua bangunan dengan dua proses produksi, yaitu:

1. Powertrain Production
Luas bangunan : 35.200 m2
Jumlah karyawan: 570 orang
Proses yang terdapat di dalam Power Train Production meliputi :
Engine: Casting, Machining, Assembling
Transmisi : Casting, Forging, Machining dan Assembling

2. Assembly Production
Luas bangunan : 71.050 m2
Jumlah karyawan: 720 orang
Proses aktifitas dalam Assembly Production meliputi: Pressing, Welding, Painting Body, Resin, Seat, Assembling dan Final Inspection
Pabrik Cikarang memiliki kapasitas produksi:
Perakitan/ Assembling Body : 120.000 unit/tahun
Engine : 71.000 pcs/tahun
Transmisi : 176.000 pcs/tahun