Berita Otomotif Terbaru

Panasonic & McAfee Bangun ‘Benteng’ agar Mobil tidak Dibajak

0 201

OSAKA/TOKYO – Panasonic Corporation dan McAfee mulai membangun Vehicle Security Operation Center (Vehicle SOC) untuk mengomersialkan layanan pemantauan keamanan kendaraan. Untuk melindungi kendaraan-kendaraan yang terhubung (connected cars) di seluruh dunia dari serangan dunia maya, dua perusahaan tersebut akan membangun Vehicle SOC yang memungkinkan deteksi akurat dan respons dini terhadap serangan, serta membantu memperkuat langkah-langkah Keamanan Siber di industri otomotif.

Panasonic telah mengoperasikan SOC untuk pabrik sejak 2016 untuk melindungi sistem dan jaringan yang mengelola dan mengontrol peralatan pabrik dan proses produksi dari serangan siber – sebelum SOC untuk mobil. Untuk mobil, mereka telah mengembangkan Sistem Deteksi Intrusi Otomotif (Automotive Intrusion Detection System) yang dipasang di kendaraan, mendeteksi terjadinya serangan siber dan jenis serangan, dan mengirimkan data analisis ke SOC kendaraan dan Sistem Informasi Keamanan dan Manajemen Peristiwa yang menganalisis dan memvisualisasikan sejumlah besar data yang diterima dari Sistem Deteksi Intrusi Otomotif di SOC kendaraan.

McAfee mendukung SOC dan Managed Security Services (MSS), dan membangun dan secara operasional mendukung SOC. McAfee akan menyatukan ini dan mulai membangun SOC kendaraan untuk memantau serangan dunia maya yang mungkin dilakukan terhadap kendaraan-kendaraan di seluruh dunia.

Dengan perkembangan inovatif dari penggerak otonom, kemajuan digitalisasi, dan meningkatnya jumlah mobil yang terhubung, risiko serangan siber terhadap mobil meningkat setiap tahun. Industri otomotif mendesak untuk menetapkan mekanisme untuk melindungi dan memantau kendaraan dari serangan dunia maya. Pusat Operasi Keamanan Kendaraan (Vehicle SOC) akan memungkinkan penyediaan layanan pemantauan untuk memantau mobil yang terhubung di seluruh dunia dan berkontribusi pada pengembangan masyarakat mobilitas aman dan terjamin. ##