Berita Otomotif Terbaru

RPM Xpander Sering Lompat Saat Posisi Idle, Ini Penjelasan Mitsubishi

0 574

YOGYAKARTA – Low-Multi Purpose Vehicle Mitsubishi Xpander memang tidak bisa dipungkiri cukup membuat heboh industri otomotif di Tanah Air. Mengandalkan desain yang cukup segar, Xpander diklaim sebagai MPV pilihan generasi jaman now.

Namun dari kesuksesan tersebut, Xpander bukan tanpa cela. Malah yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan baru-baru ini adalah masalah lompatan torsi saat berada dalam posisi idle.

Menjawab hal ini, Rifat Sungkar yang mengikuti perkembangan Xpander dari awal, bahkan sampai ke Jepang untuk mencoba mengendarainya, ikut bicara.

“Masalah idle-up terjadi karena RPM mesin tinggi akibat kerja kompresor AC yang bekerja untuk menjaga suhu dalam mobil selalu dingin. Kalibrasi putaran mesin menyesuaikan kompresor AC yang bekerja ditentukan dengan suhu AC yang diset pemilik mobil,” jelas Rifat, Selasa (6/3/2018) di Yogyakarta saat Xpander Media Touring 2018 batch-2.

Kemudian ditambahkan, saat temperatur kabin diset di suhu yang paling rendah, kompresor terus bekerja menyesuaikan suhu udara yang diminta. Di saat bersamaan putaran mesin otomatis menjadi lebih tinggi lagi.

“Jadi, kalau konsumen merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut, sebaiknya ke dealer untuk lakukan penyesuaian. Masalah ini masih dalam batasan normal dan tidak akan memengaruhi fungsi mobil lainnya, apalagi kalau sampai dibilang membahayakan,” tegasnya.

Meski bukan sebuah masalah besar, namun pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) menanggapi keluhan ini dengan cukup serius.

Prinsipal, dalam hal ini Mitsubishi Motors Corp (MMC) berencana bakal mengirimkan software khusus ke Indonesia di pertengahan tahun ini.

“Pemilik Xpander yang merasa kurang nyaman akan hal ini bisa menghubungi dealer kami untuk mendapatkan penanganan,” ujar Intan Vidiasari, Head of PR and CSR Dept PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di lokasi yang sama.

Rencananya software baru Xpander tersebut akan dikirim ke seluruh dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia secara bertahap. Harapannya tentu untuk bisa memberikan pelayanan prima kepada seluruh pemilik Xpander di manapun mereka berada yang merasa tidak nyaman dengan kondisi idle-up tersebut.

Langkah cepat dan sigap ini menunjukkan komitmen MMKSI dalam mewujudkan pengalaman kepemilikan yang menyenangkan untuk setiap produk kendaraan Mitsubishi. ##