Berita Otomotif Terbaru

Strategi Jitu Wuling Pasarkan Cortez di Indonesia

0 440

JAKARTA – Meski baru dua tahun hadir di Indonesia, Wuling Motors sangat agresif menggarap pasar otomotif nasional dengan dua produk MPV yang cukup menyita perhatian masyarakat.

Setelah Wuling Confero di tahun 2017 hadir menantang langsung Toyota Avanza dan merek MPV lainnya di segmen Low/Small MPV, awal tahun ini, kembali Wuling Motors meluncurkan Cortez untuk face to face dengan para raksasa di segmen medium MPV.

Terkesan nekat memang, mengingat di segmen ini persaingan cukup sengit terjadi antara mobil-mobil merek Jepang. Sebut saja Toyota Kijang Innova yang sudah puluhan tahun hadir menemani keluarga Indonesia, dari generasi ke generasi.

Namun Wuling tampil penuh percaya diri karena hadir dengan strategi matang dalam memasarkan produknya, tak terkecuali Cortez.

“Untuk Cortez kita usung tagline “New Choice of MPV”, ini mengindikasikan bahwa kami punya produk yang berbeda dengan MPV lainnya. Yang pasti dari soal harga sudah jelas Cortez sangat menarik, begitu juga dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya,” ucap Vice President of VSSM Wuling Motors, Cindy Cai, Kamis (8/2/2018) di Jakarta.

Wuling Cortez ditawarkan dengan harga (OTR Jakarta) mulai dari Rp218 juta sampai dengan Rp264 juta (varian tertinggi). Bandingkan dengan harga Toyota Innova yang punya harga paling murah start mulai dari Rp302 juta sampai Rp418,1 juta untuk Venturer sebagai varian paling wah.

Sebelumnya, Wuling Motors Indonesia sempat mengumumkan harga perkiraan untuk Cortez mulai dari Rp220 juta sampai Rp266 juta, lebih mahal dari harga resmi yang diumumkan. Tentu strategi ini sangat mengejutkan, jadi tak perlu heran saat proses pengumuman semua orang bertepuk tangan.

Bagaimana tidak? Dengan harga Rp264 juta untuk Wuling Cortez varian tertinggi, konsumen sudah bisa memiliki mobil keluarga dengan paket lengkap. Sebuah strategi jitu untuk masuk bersaing di segmen ini.

Mulai dari LED Headlamp dengan Auto Lamp, Sporty 16” Two Tone Alloy Wheel, Dynamic Fog Lamp & DRL Design, mesin berkonfigurasi 4-silinder dengan kubikasi 1.800 cc, transmisi i-AMT, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC), Electric Parking Brake (EPB), Electronic Stability Control (ESC), Front Parking Sensor, Rear Parking Camera, Dual SRS Airbag plus side airbag, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) hingga menu layar Multi Information Display (MID) berukuran 7 inci.
.
Untuk kenyamanan, Cortez juga dibekali dengan Classy Electric Sunroof, Convenient Electric Front Seat Adjuster, Modern Center Cluster dengan Auto AC, Exquisite Atmosphere Lamp, Advanced 8” Entertainment System dan USB port untuk mengisi daya gadget di setiap baris bangku, wowww…..

Nah, pertanyaan terbesar calon konsumen saat ini pasti tidak jauh-jauh dari persoalan layanan after sales. Dimana mereka bisa melakukan perawatan rutin bila memiliki Cortez? Isu ini juga menjadi perhatian Wuling Motors Indonesia.

“Sampai hari Senin kemarin kita sudah punya total 54 dealer. Kita melakukan gerak cepat dan tahun ini target kita sudah harus punya 80 dealer,” sebut Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors Indonesia meng-counter isu tersebut.

Hal ini tentunya sudah sangat cukup membuktikan keseriusan Wuling di Tanah Air, tinggal menunggu bagaimana pengalaman kepemilikan konsumen atas produk Wuling setidaknya sampai 3-4 tahun kedepan. Bila konsumen Indonesia puas, bukan tidak mungkin Wuling bakal jadi kekuatan baru pengusik merek-merek Jepang. [Dji Endee]