Berita Otomotif Terbaru

Sukses Bersama Suzuki Carry : Usaha Distribusi Air Mineral Kemasan, Kini Punya 400 Unit Pick Up

0 612

JAKARTA – Melanjutkan usaha orangtua yang sudah dirintis sejak 1997 membawanya menjadi salah satu pengusaha sukses. Saking suksesnya, kini ia berhasil memiliki sebanyak 400 unit mobil pick up.

Ferry Tjendekiawan adalah Presiden Direktur PT Balina Agung Perkasa yang bergerak di bidang distributor air mineral kemasan yang namanya cukup terkenal di Indonesia. Perusahaan yang dipimpinnya ini menguasai distribusi di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara dan sekitaran wilayah Bekasi.

Sebagai perusahaan yang menyediakan jasa distribusi, tentu tak bisa dipisahkan dari kendaraan operasional yang terpercaya. Dari pengakuan Ferry, Suzuki Carry menjadi salah satu bagian dari kunci kesuksesan usahanya tersebut.

“Sejak tahun 2011 kita sudah mulai banyak beli mobil pick up merek Suzuki. Lumayan sekali beli bisa sampai 50 unit. Kalau ditanya kenapa, saya cuma bisa bilang karena harganya sangat bersaing dan dari segi mesinnya juga bandel,” ceritanya kepada Otobisnis.com di Hotel Century, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Menurutnya, pemilihan merek kendaraan yang tepat untuk urusan operasional memang sangat mutlak dalam menentukan sukses usaha distribusi. Karena pasti bicara soal muatan berat yang secara otomatis juga butuh sasis yang kuat. Dan inilah point penting pertama yang ditawarkan oleh Suzuki Carry.

“Buat kami, produktivitas dan efisiensi tentu sangat berarti. Kalau ada mobil yang gak jalan sehari, ruginya luar biasa. Dan setelah kita coba berbagai merek, Suzuki Carry yang paling memenuhi syarat efisiensi tersebut,” ujarnya.

Tidak cuma sampai disitu saja jelasnya. Urusan sparepart, kenyamanan serta kestabilan kendaraan menjadi pertimbangan.

“Suzuki itu sparepart-nya gampang dan murah. Terbukti, Suzuki Mega Carry yang kami beli sampai sekarang memang tidak pernah ada masalah. Bahkan sampai 10 tahun masuk batas peremajaan, kami selalu puas dengan performanya,” jelas Ferry menyampaikan testimoni.

Usahanya pun terus berkembang sampai saat ini. Bahkan sekarang di bawah kepemimpinannya, PT Balina Agung Perkasa sudah punya total 400 armada pick up yang siap melayani konsumen. Dari total armada tersebut, 50% adalah merek Suzuki, mulai dari Suzuki Carry Futura sampai Suzuki Mega Carry. Sisanya pick up merek lain.

Melatih Skill Berkendara Supir Armada

Suzuki Carry

Kesuksesan Ferry Tjendekiawan dalam mengelola usahanya memang tidaklah mudah. Baginya, kerja keras dan terus berusaha meningkatkan pelayanan terbaik kepada konsumen, serta menjaga hubungan baik adalah kunci melahirkan konsumen loyal.

Itu bila dilihat dari sisi maintenance keluar. Tapi itu saja tidak cukup bila tidak diikuti dengan usaha untuk melakukan maintenance kedalam.

“Kita berusaha menjaga agar kondisi kendaraan kita selalu berada dalam keadaan yang prima dan siap pakai. Makanya kita punya bengkel perawatan sendiri. Hebatnya, Suzuki juga selalu support penuh dalam hal ini dengan memberikan pelatihan khusus kepada mekanik kita,” tambahnya.

Tapi langkah paling positif yang dilakukannya adalah dengan memberikan pelatihan bagaimana cara mengemudi yang baik terhadap seluruh supir armadanya.

“Kita ada satu area gudang yang khusus dijadikan sebagai tempat pelatihan untuk para driver yang bergabung. Mereka kami bekali dengan ilmu defensive driving. Tujuannya juga agar mereka bisa mengerti bagaimana cara mengemudi yang aman, sehingga armada yang mereka gunakan selalu pulang dalam kondisi baik.”

“Kami juga pasang pengumuman di belakang mobil, agar menghubungi kami bila di jalan melihat supir armada kami ugal-ugalan,” pungkasnya.

Salut……