Berita Otomotif Terbaru

Suzuki: Angkot AC Bikin Nyaman Penumpang

0 737

JAKARTA – Agar para penumpang nyaman dan aman, kendaraan-kendaraan angkutan kota (Angkot) harus memiliki AC. Dan, saat ini, program Angkot AC sedang disiapkan untuk dapat menunjang mobilisasi masyarakat dengan maksimal.

Kegiatan Show & Trial unit sudah dilaksanakan pada 14 April 2021 dan dihadiri Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama dengan Bidang Angkutan Jalan, perwakilan PT Transjakarta, perwakilan Suzuki Indonesia, serta Ketua Koperasi Wahana Kalpika (KWK) dan pengurusnya sebagai organisasi yang mewadahi para pengusahan Angkot.

“Program Angkot AC ini adalah lanjutan dan merupakan upgrade dari program angkot regular JakLingko saat ini. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan program angkot AC agar meningkatkan kenyamanan dan keamanan para penumpang, karena didukung teknologi yang lebih mutakhir seperti AC double-blower, GPS, LED Trayek, dan CCTV. Program ini marupakan salah satu bagian dari program integrasi transportasi di Jakarta,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Dengan hadirnya AC serta fitur teknologi canggih seperti pintu otomatis, smart navigation, dan fitur CCTV diharapkan dapat menarik kembali minat pengguna angkutan kota di DKI Jakarta.

Saat ini Suzuki mengandalkan Suzuki Carry Pickup sebagai kendaraan Angkot. Suzuki membekalinya dengan mesin K15B-C 1.500cc, 4-silinder, multipoint injection, bertenaga 97 PS pada 5600 rpm dan bertorsi 135 Nm/ 4400rpm. Transmisinya 5-speed manual.

Rem depan Suzuki Carry mengandalkan cakram, sementara rem buritannya drum. Suspensi depan MacPherson strut dan belakang per daun kaku.

Suzuki Carry yang dijual saat ini diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Generasi pertamanya sendiri dirilis pada 1976. ##