Berita Otomotif Terbaru

Melirik Fasilitas Produksi Tercanggih Suzuki di Indonesia

0 455

CIKARANG – PT Suzuki Indonesia Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) resmi kendaraan Suzuki di Indonesia, mengajak awak media untuk menyambangi pabrik perakitan mobil Suzuki Indomobil Motor (SIM).

Acara yang dikhususkan bagi awak media ini dimaksudkan untuk dapat memahami langsung bagaimana Suzuki menjaga kualitas dari setiap produk yang di produksinya.

Fasilitas pabrik yang di tawarkan oleh Pabrik Cikarang ini bahkan memiliki standar yang sama dengan pabrik prinsipal di Jepang.

“Mengajak rekan media melakukan touring pabrik Suzuki di Cikarang merupakan langkah kami untuk menunjukan bahwa Suzuki sangat menjaga kualitas produknya melalui proses produksi yang ketat, pabrik Cikarang ini didirikan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan mancanegara,” jelas R. Uchiki GM Strategic Planning Sept. PT Suzuki Indonesia Mobil, Senin (19/2).

suzuki indomobil motor

Pabrik Cikarang memiliki investasi sebesar USD 1 Milliar dilengkapi dengan mesin dan robot berteknologi tinggi dan modern. Sebanyak 217 robot diberdayakan pada proses pengelasan atau welding.

Keunggulan pabrik ini juga memiliki fasilitas Forging (gear) dan Seat (jok mobil) yang dilakukan secara in-house.

Pabrik Cikarang memproduksi unit New Ertiga dengan segmen LMPV dirakit melalui tangan-tangan anak negeri yang di produksi untuk pasar domestik dan ekspor. New Ertiga telah diekspor ke 25 negara dianataranya Asia, Oceania, Amerika Selatan dan Karibia dan tercatat sebanyak 12.196 unit New Ertiga diekspor sepanjang tahun 2017.

suzuki indomobil motor

Pabrik cikarang juga memproduksi mesin dan transmisi untuk pasar domestik dan luar negri dan mesin yang diproduksi mesin K10B dan K14B. Mesin K14B diproduksi untuk New Ertiga dan untuk mesin tipe K10B diproduksi untuk unit Karimun Wagon R.

Pabrik Cikarang ini menyerap tenaga kerja sekitar 1.290 orng dan memiliki luas area 1.307.519 M2 yang menjadi dua bangunan dengan dua proses produksi.

Untuk saat ini pabrik Cikarang memproduksi mobil New Ertiga seluruh tipe untuk pasar domestik dan mesin New Ertiga K14B/1.400cc dan Karimun Wagon R K10B/1.000cc serta transmisi kendaraan roda empat, namun untuk ke depannya akan memproduksi tipe-tipe produk mobil baru Suzuki. [Yud]