Berita Otomotif Terbaru

Mobil Listrik Toyota bZ4X dengan Setir Unik dan Sentuhan Subaru

0 219

SHANGHAI – Konsep mobil listrik murni Toyota bZ4X BEV diungkap oleh Toyota di Auto Shanghai 2021.

Toyota bZ4X Concept merupakan midsize SUV dengan penggerak semua-roda (all-wheel drive). Mofil ini menjadi bagian integral dari transisi Toyota dari perusahaan mobil murni ke bisnis yang didedikasikan untuk memberikan mobilitas yang lebih baik bagi semua.

‘BZ’ adalah akronim dari ‘Beyond Zero’, yang memperkuat komitmen Toyota untuk tidak hanya mencapai emisi karbon nol dan netralitas karbon, tetapi juga melangkah lebih jauh untuk mewujudkan manfaat baru bagi lingkungan, bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Konsep baru Toyota bZ4X telah dikembangkan oleh Toyota Motor Corporation dalam kemitraan dengan Subaru Corporation (Subaru). Penjualan versi produksi mobil ini diharapkan akan dimulai sekitar pertengahan 2022.

Toyota bZ4X Concept adalah kendaraan yang lebih dari sekedar alat transportasi; berfungsi juga sebagai ruang yang nyaman dan terhubung di mana orang-orang dapat menikmati menghabiskan waktu bersama saat melakukan perjalanan.

“Pelanggan sasaran kami adalah seseorang yang mementingkan waktu yang dihabiskan bersama dengan keluarga dan teman. Ketika mereka ingin menikmati saat-saat seperti itu, Toyota bZ4X Concept dapat menjadi penghubung bagi mereka,” kata Chief Engineer Koji Toyoshima.

Mobil ini akan memiliki system pengisian baterai yang bersumber dari matahari, sehingga daya jelajahnya bertambah.

Mobil ini akan tersedia dengan kombinasi yoke kemudi dan sistem steer-by-wire yang pertama di dunia. Teknologi ini memberikan kendali yang lebih besar kepada pengemudi, menghilangkan gangguan dari permukaan jalan yang kasar dan pengereman, sehingga memberikan respons lebih presisi sesuai dengan kecepatan dan sudut kemudi kendaraan. Steer-by-wire juga menghilangkan roda kemudi tradisional melingkar, menggantinya dengan kemudi berbentuk unik yang menghilangkan keharusan pengemudi untuk menggerakkan tangan mereka di sekitar kemudi saat berbelok, menambah kualitas fun-to-drive mobil.

Konsep Toyota bZ4X adalah model pertama yang menampilkan penamaan bZ – di luar konvensi penamaan. Pada tahun 2025, Toyota menargetkan untuk memperkenalkan 15 kendaraan listrik baterai, termasuk 7 model Toyota bZ.

Nah bersiaplah menyambut gelombang mobil listrik dari Toyota. ##