Berita Otomotif Terbaru

Toyota Indonesia Tanam Pohon Sakura di Lereng Gunung Lawu

0 409

Solo — Toyota Indonesia kembali mewujudkan bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan di kawasan hutan lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Lewat program Toyota Forest yang berlangsung akhir pekan kemarin, Sabtu (27/1/2018), Toyota Indonesia membangun “Bukit Taman Wisata” dengan menanam pohon Sakura.

“TMMIN melalui kegiatan Toyota Forest menyebarkan gerakan penghijauan dengan bergotong royong bersama melibatkan partisipasi aktif dari akademi, pemerintah, komunitas, masyarakat sekitar, dan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia. Harapan kami, Bukit Taman Wisata Toyota ini bisa berperan memberikan manfaat positif terhadap keanekaragaman ekosistem serta kualitas lingkungan dan kualitas hidup warga sekitar,” ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT. TMMIN lewat siaran pers.

Pohon Sakura sendiri dipilih karena menjadi lambang persahabatan Indonesia dan Jepang yang sudah terjalin dengan baik selama 60 tahun.

Ikut hadir mendampingi Warih Andang Tjahjono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Karanganyar Juliyatmono, Counselor, Trade, Invest, & Industry Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Taro Araki, dan Deputy Chief of Mission Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Kozo Honsei.

Sementara luas lahan perhutani yang ditujukan untuk membangun Bukit Taman Wisata ini seluas 1,2 hektar dari rencana total 5 hektar dalam 5 tahun. Selanjutnya hingga bulan Maret 2018, Toyota berencana akan menanam kembali 40 pohon Sakura, sehingga jumlah total ada 100 pohon.

Pencapaian Positif Toyota Forest

Perhatian besar Toyota Indonesia terhadap kelestarian lingkungan hidup yang dimulai sejak 2003 memberikan dampak sangat positif bagi kondisi alam. Hingga tahun ini, tercatat TMMIN sudah menanam sebanyak lebih dari 1.300.000 pohon yang tersebar di wilayah Indonesia.

Malah di tahun ini juga, TMMIN mencanangkan gerakan penghijauan dengan menargetkan penanaman sebanyak 300.000 pepohonan untuk menjaga kelestarian ekosistem di pesisir pantai utara Jawa.

Program positif ini juga kedepannya bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar melalui Income Generating Activity.

“Selama lebih dari 45 tahun di Indonesia, Toyota Indonesia memegang penuh komitmen untuk tumbuh dan berkembang secara harmonis dengan masyarakat dan lingkungan lewat semangat “Toyota Berbagi” (BERsama MemBAnGun Indonesia) yang terdiri dari tiga pilar utama, yaitu Pengembangan Produk dan Teknologi, Pengembangan Industri, dan Tanggung Jawab Sosial##.