Berita Otomotif Terbaru

Toyota GR 86, Sports Car yang Bisa Bikin Klimaks

0 124

TOYOTA CITY – Toyota Gazoo Racing (TGR) tidak berhenti menciptakan mobil-mobil performa tinggi. Setelah meluncurkan Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris, kini, giliran Toyota GR 86.

New Toyota GR 86 dari TGR dan new Subaru BRZ dikembangkan secara bersama. Namun, meski kedua sports car berbagi basis yang sama, kedua perusahaan fokus untuk menanamkan model masing-masing dengan nuansa berkendara berbeda.

Sambil terlibat dalam persaingan persahabatan dengan tim pengembangan BRZ, TGR berusaha mengembangkan mobil yang akan memberikan kebahagiaan kepada para penggemar Toyota 86, dan mewujudkan evolusi sensasi berkendara unik dari Toyota 86. Hasilnya, GR 86 baru dirancang khusus untuk performa sport, dan memberikan performa berkendara tingkat tinggi yang langsung dan memuaskan.

Pada September 2019, Toyota dan Subaru memasuki bisnis baru dan aliansi modal, sebagai bagian dari komitmen kedua perusahaan untuk bersama-sama terlibat dalam pembuatan mobil-mobil yang lebih baik. GR 86 / BRZ baru bukan hanya contoh konkrit dari komitmen ini, tetapi juga merupakan tantangan baru bagi kedua perusahaan, karena mereka berupaya menumbangkan ide-ide konvensional kerjasama di industri otomotif.

Ke depannya, Toyota dan Subaru berniat untuk semakin memperkuat kekuatan mereka masing-masing, memperdalam hubungan mereka, dan mengejar kemungkinan membuat mobil-mobil yang lebih baik.

Toyotya GR 86 menggunakan mesin ringan dan compact dengan pusat gravitasi rendah sejalan dengan iterasi sebelumnya. Model baru kini menampilkan mesin 2.40cc, menggantikan 2.000cc. Akibatnya, mesin horizontally opposed memberikan performa berkendara yang superior, mencapai akselerasi 0-100 km / jam hanya dalam 6,3 detik ― turun dari 7,4 detik model sebelumnya. Daya tanggap engine juga telah ditingkatkan, memberikan sensasi mulus dan bebas stres dari rpm rendah hingga tinggi.

Berbicara soal tenaga sports car ini 235 PS pada 7,000 rpm dan torsinya 250 Nm pada 3,700 rpm. Ada opsi transmisi otomatis 6-speed dan manual 6-speed.

Kekakuan tubuh mobil telah ditingkatkan, dengan tujuan menawarkan handling menyenangkan di semua rentang kecepatan ― dari berkendara di perkotaan hingga performa maksimal. Kekakuan torsi (torsional rigidity) telah ditingkatkan sekitar 50% dibandingkan model sebelumnya untuk stabilitas kemudi yang lebih baik.

Penggunaan aluminium untuk panel atap menghasilkan pusat gravitasi yang lebih rendah, sementara fender aluminium dan jok depan serta muffler yang diperbarui berkontribusi pada pengurangan bobot.

Toyota GR 86 menampilkan komponen-komponen aerodinamis seperti pada Toyota 86 yang berpartisipasi dalam motorsport. Ini termasuk saluran keluar udara, spoiler ambang samping, dan bagian lain yang meningkatkan respons dan stabilitas kemudi.

New Toyota GR 86 bertransmisi otomatis 6-speed menggunakan EyeSight Driver Assist Technology dari Subaru. Sistem teknologi keselamatan komprehensif ini memberikan dukungan keselamatan selama berkendara sehari-hari; teknologi keamanan pra-tabrakan yang membantu menghindari atau mengurangi dampak tabrakan; dan bantuan penyelamatan darurat dan dukungan penghindaran tabrakan sekunder jika terjadi kecelakaan.

Toyota 86 diluncurkan pertama kali pada 2012. Kini penjualannya telah melebihi 200.000 unit di dunia termasuk Indonesia.

New Toyota GR 86 akan dijual pada musim gugur 2021 di Jepang. ##