Berita Otomotif Terbaru

Belum Produksi, 400 Unit Toyota Yaris Edisi Khusus Sudah Ludes!

0 410

EROPA –Awal tahun ini, speed freak cukup dikejutkan dengan kehadiran Toyota Yaris GRMN. Yup, dihadirkan hanya 400 unit saja dan hebatnya langsung ludes dipesan, padahal masih dalam masa pra-produksi.

Bagi sebagian kaum muda yang bisa dibilang sebagai speed freak ketika ditanya produk hot hatch, tentunya akan langsung mengarah pada Ford Focus R.S atau VW Golf R. Namun bila tabungan masih ada lebih, memboyong Mercedes-AMG A45.

Memang Yaris GRMN cukup bikin penasaran, sepertinya ditujukan bagi para kolektor. Sebab Yaris GRMN ini ditasbihkan sebagai edisi khusus menyambut kembalinya Toyota di ajang World Rally Championship sejak absen 17 tahun lalu.

Bahkan pembuatannya diriset tak jauh dari sirkuit Green Hell alias Nürburgring Nordschleife, Jerman, dan sekaligus diuji kemampuannya  dilintasan sepanjang 22,8 km tersebut.

Bagi yang berminat, konsumen bisa menebus Yaris GRMN seharga £26,295 atau setara Rp498,4 jutaan. Harga tersebut di Inggris hanya berbeda tipis dari Toyota GT86 yang posisinya lebih mahal. Bahkan Yaris GRMN lebih mahal dari Golf GTI Performance.

Lantas apa yang membuat mobil tersebut sangat diminati dan diburu hingga edisi terbatas 400 tersebut ludes sebelum masuk ke diler.

Bila melihat data di atas kertas, berbanding hot hatch lain yang memiliki bobot total di sekitar 1300 kg, untuk Yaris GRMN hanya 1.135 kg. Kecepatan tinggi demi keamanan dibatasi hanya 230 km/jam.

Mesin yang dipakai adalah 1.8L Supercharger dengan kekuatan tenaga 212 hp pada 6.800 rpm dan torsi 249 Nm pada 5.000 rpm.  Ini diklaim yang terbaik di kelasnya dengan penggerak roda depan. Laju 0-100 km/jam menggunakan transmisi manual 6 percepatan didapat dalam waktu 6,3 detik.

Gazoo Racing Motorsport merupakan pihak yang dipercaya atas pengembangannya. Termasuk penampilan kelir seperti mobil WRC dan sayap besar di buritan, serta pemakaian velg BBS multi spoke berdiameter 17 inci.

Bagi kolektor, Yaris GRMN bisa menjadi salah satu asset dengan harga yang terbilang terjangkau. Selain itu quota untuk setiap negara berbeda. [Kch]