Berita Otomotif Terbaru

Ingin Rajin Podium, Tebus Volkswagen Polo GTI R5 Ini Rp 3,1 Miliar

0 415

WOLFSBURG – Volkswagen Motorsport melihat potensi Volkswagen Polo R WRC yang mampu juarai World Rally Championship sebanyak empat kali (2013-2016), siap memasarkan Volkswagen Polo GTI R5 kepada konsumen.

Pada penghujung Januari 2018, Direktur Volkswagen Motorsport Sven Smeets dan Technical Director FX Demaison memperkenalkan New Polo GTI R5.

Yup, Demaison yang turun langsung merancang New Polo GTI R5 yang merupakan “ayah” dari Polo R WRC, perali yang mengendarai saat itu adalah Sebastien Ogier.

“Menjadi tugas saya untuk membuat keputusan mendasar dan memberikan arahan,” jelas Demaison.

New Polo GTI R5 ini memungkinkan para pereli individu yang ingin tampil di podium, terutama di kelas R5 di banyak kejuaraan nasional di seluruh dunia.

Sedianya New Polo GTI R5 secara resmi tampil bulan Agustus 2018, di Rallye Deutschland yang merupakan bagian dari seri WRC 2018.

“Setelah itu kita bisa memacu sepuasnya dengan setelah itu di Inggris dan kemudian di salju Skandinavia pada bulan Januari,” yakin Demaison.

Senjata yang digunakan pada New Polo GTI R5 adalah mesin empat silinder turbo berkapasitas 1.6L. Sesuai regulasi, air restrictor harus terinstal di sistem pasokan udara. Hal ini untuk menahan tenaga hingga 272 hp.

Bermain di kelas R5 terbilang minim biaya, karena regulasinya dengan batasan jeroan mesin sesuai standar. Hanya saja transmisi dan sistem penggerak empat roda khusus kompetisi.

Wajarlah bila FIA membatasi harga unit kendaraan petarung di kelas R5 maksimal €190,000 atau setara Rp 3,1 miliar.

“Batasan ketetapn harga tentu saja merupakan tantangan bagi setiap divisi pengembangan. Kita pasti harus berkompromi karena Anda tidak bisa begitu saja memilih solusi optimal dalam hal performa yang mungkin juga akan menjadi yang termahal. Ini harus terjangkau, “kata Demaison.

“Tapi insinyur terbiasa menyesuaikan diri dengan pedoman, entah itu teknis atau finansial. Dan karena kategori R5 adalah tentang kepuasan pelanggan motorsport, adanya batasan biaya ini masuk akal. Misalnya, flare fender dari Polo GTI R5 tidak terbuat dari material ultra ringan seperti serat karbon, tapi lebih terjangkau dari plastik yang murah.”

Volkswagen Motorsport mengungkapkan, siap membuat New Polo GTI R5 terbatas 15 unit saja untuk konsumen pada tahun 2018. Tapi Demaison mengungkapkan mobilnya sudah langsung habis terpesan oleh importir Volkswagen di berbagai negara.

“Paling menantang adalah melayani konsumen balap dalam memasok suku cadang yang segera harus dipenuhi. Bila ada tim di Paraguay memesan unit spoiler, kita tak bisa bilang: ‘OK, akan siap lima pekan lagi.’ Sebagai dukungan profesional dan A ke Z harus dijamin, semua harus serba cepat,” jelas Demaison. [KC]