Berita Otomotif Terbaru

VW akan Sediakan ‘Power Bank’ untuk Mobil Listrik

0 433

WOLFSBURG — VW mengenalkan stasiun pengisian daya cepat bergerak (mobile quick charging station) untuk para pemilik mobil listrik VW.

Stasiun ini dapat diatur secara fleksibel dan mandiri di mana saja dibutuhkan, misalnya, di tempat parkir umum di kota, di kawasan perkantoran, atau sebagai titik pengisian sementara di acara-acara berskala besar.

Mobile quick charging station (MQCS) berfungsi sesuai dengan prinsip power bank yang biasa dipakai untuk smartphone. Kapasitas pengisian MQCS hingga 360 kWh dan memungkinkan hingga 15 mobil listrik diisi dayanya.

Berkat teknologi pengisian cepat, proses pengisian hanya rata-rata 17 menit. Jika kandungan energi dari baterai MQCS kurang dari 20 persen, maka tinggal ditukar dengan baterai yang terisi daya. Namun, jika terpasang secara permanen ke sumber listrik 30 kW melalui arus bolak-balik (AC), paket baterai akan selalu terisi kembali dengan sendirinya. Dalam hal proses pengisian berbasis pada catu daya terbarukan (renewable power supply), stasiun pengisian bisa menjadi penyimpanan sementara daya yang dihasilkan dari matahari atau angin.

MQCS akan tersedia paruh pertama tahun 2019 di kota kelahiran Volkswagen, Wolfsburg, sebagai bagian dari proyek percontohan. VW akan memperluas ketersediaannya pada 2020. [Itn]